Google Dan Algoritma-nya
Mungkin bagi seorang yang awam akan dunia pemrograman atau hanya sebagai user biasa akan perangkat teknology, Algoritma adalah hal yang tidak biasa di dengarkan bahkan mungkin dilihat.
Tetapi jika anda adalah pelaku aktif di dunia maya ( internet ) pasti setidaknya mendengar istilah Algoritma khususnya para pelaku SEO yang banyak mengandalkan algoritma dari google untuk bisnis mereka.
Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu algoritma secara mendetail bak layaknya guru atau dosen IT yang menerangkan bahasa pemrograman kepada anda, namun disini saya mencoba untuk mengajak anda setidaknya mengenal algoritma yang sudah dikeluarkan google beberapa tahun ini.
Jika anda ingin web atau blog anda menjadi terkenal atau bahkan bisa menghasilkan uang maka setidaknya anda patut menggunakan SEO sebagai dasar tools web dan blog anda. Apa itu SEO? saya rasa di berbagai web dan blog sudah seringkali banyak yang membahas hal ini, intinya ialah optimasi pada mesin pencari akan konten dari web atau blog yang anda sajikan. Namun bagaimana SEO bekerja? hal ini tidak lepas dari ketentuan-ketentuan dan kebijaksanaan Google selaku penyedia jasa mesin pencari ternama dunia yang di-tulis melalui bahasa mesin.
Apa itu Pengertian Algoritma pada umumnya :
Kalimat berikut saya kutip dari pernyataan google sendiri :
"For a typical query, there are thousands, if not millions, of webpages with helpful information. Algorithms are the computer processes and formulas that take your questions and turn them into answers. Today Google’s algorithms rely on more than 200 unique signals or “clues” that make it possible to guess what you might really be looking for. These signals include things like the terms on websites, the freshness of content, your region and PageRank "
Penjelasan inti dari pernyataan google tersebut ialah Algoritma adalah proses komputer dan formula yang mengambil pertanyaan Anda dan mengubahnya menjadi jawaban.
Hampir setiap tahun google merubah algoritma mesin pencari ( Search engine ) sekitar 500 - 600 kali untuk dapat mengupdate kualitas dari search engine itu sendiri sehingga menghasilkan pencarian konten yang bermutu tinggi yang dapat di sajikan kepada user. Kenapa google selalu merubah algoritma ataupun menambahkan algoritma pada search engine mereka? Tentunya bertujuan menyajikan konten berkualitas karena hampir di pastikan bahwa sekarang ini semakin banyak jasa penyedia SEO yang dapat menjamin web atau blog anda menjadi nomor satu pada search engine google, bahkan tidak sedikit dari penyedia jasa SEO ini melakukan SPAM pada web atau blog user dengan konten yang bermutu rendah bahakan hanya sampah berupa label ataupun TAG. Maka tidak disangkal kita sering tidak puas dengan hasil pencarian yang kita inginkan dikarenakan banyak web dan blog yang menggunakan konten campur aduk ( alias gado-gado ). Disinilah peran Algoritma yang slalu di update oleh Google setiap tahun nya agar dapat memilah konten bermutu tinggi dan bermutu rendah. Seperti itulah gambaran umum dari Algoritma google.
Berikut adalah list sejarah dari Algoritma yang telah di update oleh Google setiap tahun-nya :
3 Mei 2015 ---- Algoritma Phantom 2 :
Setelah banyak laporan perubahan peringkat skala besar , awalnya dijuluki " phantom 2 " , Google mengakui algoritma perubahan inti yang berdampak " sinyal kualitas " . Pembaruan ini tampaknya memiliki dampak yang luas , namun Google tidak mengungkapkan secara spesifik tentang sifat sinyal yang terlibat .
Link yang berkaitan dengan Algoritma phantom : https://code.google.com/p/phantom/
22 April 2015 ---- Mobilegeddon :
Dalam sebuah langkah yang langka , Google mengumumkan update algoritma , mengatakan kepada kita bahwa peringkat ponsel akan berbeda untuk situs mobile-friendly mulai pada tanggal 21 April. Dampak dari update ini adalah , dalam jangka pendek , jauh lebih kecil dari yang diharapkan , dan data kami menunjukkan bahwa algoritma fluks memuncak pada tanggal 22 April .
Link terkait dengan Mobilegeddon : http://searchengineland.com/library/google/google-mobile-friendly-update
Algoritma Google Tahun 2006 - 2014 :
Tahun 2014 : https://moz.com/google-algorithm-change#2014
Tahun 2013 : https://moz.com/google-algorithm-change#2013
Tahun 2012 : https://moz.com/google-algorithm-change#2012
Tahun 2011 : https://moz.com/google-algorithm-change#2011
Tahun 2010 : https://moz.com/google-algorithm-change#2010
Tahun 2009 : https://moz.com/google-algorithm-change#2009
Tahun 2008 : https://moz.com/google-algorithm-change#2008
Tahun 2007 : https://moz.com/google-algorithm-change#2007
Tahun 2006 : https://moz.com/google-algorithm-change#2006
Seperti itulah perkembangan dari algoritma google setiap tahun-nya, dari sini mungkin anda tertarik untuk lebih mendalaminya? tentu saja jika anda tertarik maka tidaklah tidak mungkin jalur SEO yang handal dapat anda terapkan dalam web atau blog anda. namun inti dari semua Algoritma Google ialah penyajian konten web yang bermutu tinggi.
0 comments: